Profile Dra. Hj. Retno Indayati, M.Si

Biodata singkat
Nama : Dra. Hj. Retno Indayati, M.Si. 
TTL : Trenggalek, 25 Maret 1953
Alamat Rumah: Kudusan 35 A RT 03/RW 01, Plosokandang, Kedungwaru Tulungangung.
Alamat Kantor: Kampus STAIN  TA. Jl Mayor Sujadi Timur 46 T A
Keluarga
Suami : Suwignyo Guntoro
Anak-anak:
1. Rahma Praptin Zuhaira
2. M. Alfan Pujianto
3. Mirza Zumairi

Pendidikan:
Sekolah Rakyat Trenggalek
PGA
IAIN Malang (S-1)
UMM Malang (S-2)
UIN Malang (S-3)
Pengalaman Organisasi:
HMI

Bagaimana pendapat ibu tentang makna hijrah?
Sebelum kita membahas tentang hikmah hijrah, terlebih dahulu kita maknai apa arti hijrah itu. Secara bahasa hijrah bermakna pindah. Hijrah sangat strategis kalau dimaknai secara proporsional. Maksudnya harus dimaknai sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad. Jadi Umat Islam harus selalu pindah menuju keadaan yang lebih baik. Saat ini pijakan sebagian besar umat Islam adalah materialistis dan itu adalah pijakan yang salah. Kita harus berani meninggalkannya. Selama hidup tidak boleh berhenti, harus selalu berusaha berpindah. Kita harus meningkatkan kualitas diri, tingkatkan ibadah dan kecintaan kita kepada Allah SWT. Ini untuk lingkup individu muslim.
Secara umum kaum muslim harus berani meninggalkan nilai-nilai materialis dan sekuler menuju nilai-nilai agama yang sesungguhnya.

Bagaimana dengan kaum muslimin di Indonesia ?
Indonesia dijajah sudah cukup lama bahkan terlalu lama. Untuk memulai langkah baru cukup sulit. Harus hijrah terus. Setelah merdeka dari penjajahan fisik ternyata Indonesia tidak lepas dari penjajahan non fisik di banyak bidang.

Apa yang harus kita lakukan untuk mewujudkan tujuan hijrah dari dominasi penjajahan non fisik ?
Kita harus berjuang untuk mewujudkan tercapainya tujuan hijrah. Harus memaksimalkan fungsi fikir, kesediaan iqra’,dalami agama. Iqra’ berarti kritis. Islam adalah agama yang sempurna dan merupakan nikmat yang besar (Al Yauma akmaltu lakum diinakum, wa atmamtu alaikum ni’matii, waradhitulakumul Islaama diina )
 Kaum muslim harus melengkapi pemahaman tentang Islam. Islam tidak hanya cukup diketahui tapi harus dipahami betul. Kalau semua orang paham dengan baik maka akan tercipta  kedamaian.

Bagaimana dengan tantangan yang harus dihadapi ?
Soal tantangan harus dihadapi dengan kesabaran yang luar biasa, jangan pernah tipis kesabarannya. Apa yang dimaui Allah SWT dengan turunnya nabi kita pahami betul. Perjuangan beliau, hijrah beliau, harus kita pahami maknanya.

Apa pesan ibu untuk kaum muslim ?
Jika ada muslimah intelektual dengan semangat da’wah yang tinggi adalah kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi saya. Pesan saya siapkan diri dengan kematangan tsaqofah Islam,harus tegar luar biasa, perjuangkan di manapun dan kapanpn mulai dalam lingkup yg kecil. Harus bersatu supaya segera nampak hasilnya. Ingat firman Allah: Wa’tasimu bihablillaahi jami’a walaa tafarraquu…
Perkuat husnudhan kepada sesama muslim sebagai kunci sukses kebersamaan dan persatuan, ikhlas berjuang, rela berkorban serta harus kuat fisik, jaga kesehatan. Harus berjuang untuk mewujudkan ”religius behaviour”

www.Firdausmile.Wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: